Selasa, 07 Februari 2017

PPPPTK IPA

Setiap kali ada sodara atau tetangga yang nanya "kerja dimana teh?"
aku selalu jawab, "P4TK IPA"

Respon mereka kurang lebih sama:
"P4TK ipa itu apa? kantornya dimana?"



"hmm apa yaa.. kaya lembaga pelatihan buat guru-guru gitu.. ituuu kantornya di deket gedung sate kok.. depan nya nasi bancakan"

Rata-rata hampir semua orang di bandung tau dimana gedung sate.. tapi ngga ngeh dimana itu P4TK IPA.. padahal deket kok.. ga jauh dari gedung sate yang terkenal ituh, ada bangunan P4TK IPA tempat dimana aku mengabdi sebagai ASN #tsaaaaah
secara google map, disini nih lokasi tepatnya P4TK IPA:



Jadi ini ceritanya profil abal-abal yang aku buat tentang PPPPTK IPA, yah semoga somehow ada manfaatnya hehe


PPPPTK IPA
Pusat Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Jl. Diponegoro No. 12 Bandung 40115 Jawa Barat, Indonesia
(022) 4231191
(022) 4207922 - fax
www.p4tkipa.org / ww.p4tkipa.kemdikbud.go.id

VISI
Terwujudnya Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan IPA yang Profesional untuk Membentuk Insan Indonesia yang Berkarakter

MISI
1. Melaksanakan Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan IPA dalam Pelatihan Offline maupun Online
2. Mengembangkan Model-model Fasilitasi dan Evaluasi Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan IPA
3. Mengembangkan Bahan dan Media Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan IPA
4. Menyelenggarakan Layanan Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan IPA yang Fleksibel dan Berdaya Saing
5. Mengembangkan Jejaring Kerja dalam Upaya Peningkatan Kompetensi
6. Mengembangkan Kualitas dan Kuantitas SDM PPPPTK IPA
7. Meningkatkan Sarana dan Prasarana PPPPTK IPA
8. Melaksanakan Ketatausahaan dan Rumah Tangga Lembaga

TUGAS
Melaksanakan Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sesuai dengan Bidang IPA

FUNGSI
1. Penyusunan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
2. Pengelolaan Data dan Informasi Peningkatan KOmpetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
3. Fasilitasi dan Pelaksanaan Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
4. Pelaksanaan Kerjasama d Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
5. Evaluasi Program dan Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
6. Pelaksanaan Urusan Administrasi PPPPTK IPA

NILAI
1. Profesional
2. Gotong royong
3. Empati
4. Demokratis
5. Akuntabel
6. Produktif
7. Inovatif dan Inisiatif
8. Pembelajar
9. Kredibel



Itu beneran valid data yang di atas? Tentu sajaaaa.. kan dapet nyalin dari buku kerja 2017 haha



Jadi P4TK IPA ini adalah UPT (Unit Pelaksana Teknis) dari Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).
GTK adalah unit utama atau direktorat tersendiri di Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan.. Lengkapnya bisa dilihat di website resmi Kemdikbud kementerian pendidikan dan kebudayaan Indonesia

Kerjaan nya ngapain sih di P4TK IPA? Kalo dilihat dari visi, misi, dll di atas udah kebayang kan ya? Sederhananya sih P4TK IPA itu adalah lembaga khusus yang menangani pengembangan karir Guru dan Tenaga Kependidikan (Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah) melalui pelatihan-pelatihan gitu.. Dan khusus untuk guru-guru mata pelajaran IPA (Biologi, Fisika, Kimia) saja.. Terus untuk guru mata pelajaran lain gimana? Ada P4TK lain yang tersebar di Indonesia


Biar postingan ini terkesan informatif, ini adalah list lengkap mengenai PPPPTK lainnya di Indonesia:

PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PPPPTK) KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

No
Nama Instansi
Alamat
No. Telepon
Website Resmi
1
PPPPTK Bidang Bahasa Jakarta
Jl. Gardu Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640
(021) 7271034
2
PPPPTK Bidang Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling Bogor
Jl. Raya Parung No.420, Parung, Bogor
(0251) 8611714
3
PPPPTK Bidang Bisnis dan Pariwisata Depok
Jl. Raya Parung KM 22-23 Bojongsari, Sawangan, Depok
(021) 7431270
4
PPPPTK Bidang PKn/IPS Malang
Jl. Veteran No.9 Malang
(0341) 551643
5
PPPPTK Bidang Matematika Yogyakarta
Jl. Kaliurang KM 6 Sambisari, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
(0274) 885752
6
PPPPTK Bidang Pertanian Cianjur
Jl. Jangari KM 14 Sukajadi, Karangtengah, Cianjur 43201
(0263) 285003
7
PPPPTK Bidang IPA Bandung
Jl. Diponegoro No. 12 Bandung 40115
(022) 4231191
8
PPPPTK Bidang Seni Budaya Yogyakarta
Jl. Kaliurang KM 12,5 Klidon, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta
(0274) 895803
9
PPPPTK Bidang Mesin dan Teknik Industri Bandung
Jl. Pesantren KM 2 Cimahi 40513
(022) 6652326
10
PPPPTK Bidang Otomotif dan Elektronika Malang
Jl. Teluk Mandar Arjosari, Tromol Pos 05 Malang
(0341) 491239
11
PPPPTK Bidang Bangunan dan Listrik Medan
Jl. Setiabudi No. 75 Helvetia, Medan, Sumatera Utara P.O. Box 1604
(061) 8455417
12
PPPPTK Bidang Taman Kanak-kanak dan PLB Bandung
Jl. Dr. Cipto No. 9 Bandung
(022) 4230068
13
LPPKS Solo
Kp. Dadapan 06/07 Ds. Jatikuwung, Gondangrejo, Jatikuwung, Karanganyar Jawa Tengah
(0271) 8502888
14
LPPPTK KPTK Gowa
Jl. Diklat No. 30 Tampung Batu, Pacellekang, Pattallassang, Tassese, Manuju, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92173
081276864999



Jadi untuk Bapak/Ibu Guru.. mohon perhatikan mata pelajaran nya masing-masing dan pastikan menghubungi PPPPTK yang tepat.. Karena lumayan sering ada guru mata pelajaran matematika, bahasa inggris, PKn dll yang datang ke PPPPTK IPA untuk menanyakan informasi mengenai kegiatan tertentu.. kan jadi bingung kita juga jawabnya.. hehe. Karena setiap P4TK biasanya punya kebijaksanaan masing-masing mengenai penyelenggaraan kegiatan diklat atau pelatihan nya.


Biasanya setiap ada kegiatan tertentu selalu di update di website P4TK masing-masing. Silahkan rajin-rajin cek yaa.. Kegiatan pelatihan yang sedang meng-Indonesia adalah Kegiatan Guru Pembelajar tahun lalu.. Ini pertama kalinya di dunia loh sistem pelatihan berbasis online dan diikuti oleh ratusan ribu guru di seluruh Indonesia *tepuk tangan*


Tahun ini juga masih berlanjut walaupun sudah ganti Menteri Pendidikan #ehh tapi ada sedikit penyesuaian nama.. yang semula "Guru Pembelajar" berubah menjadi "Pembinaan Karier Guru". Sistemnya kurang lebih sama, pesertanya bisa sama bisa beda.. hehe. Yah inti dari postingan ini sih sekedar menginformasikan aja kalo P4TK IPA itu does exist :D


Semoga bermanfaat <3













Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar