Kamis, 13 Juli 2017

Learning How to Learn



Aku ketinggalan kereta πŸ’”
Entah kenapa kemarin-kemarin sok sibuk gitu jadi agak terbengkalai si ilmu dan tugas dari IIP
Postingan kali ini kembali untuk mengerjakan Nice Homework ke-5 dari Institut Ibu Profesional
πŸ’—
NHW#5 juga sangat menantang karena ga ada pertanyaan sama sekali,
kita diminta untuk membuat sendiri desain pembelajaran untuk kita lakukan πŸ’—


Pengantar NHW#5 dari IIP:
Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan "learning how to learn" dalam membuat NHW #5.
Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu desain pembelajaran.
Bukan hasil sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yang perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.
Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.
Salam Ibu Profesional


Oke, walaupun aku lulus dari universitas kependidikan, tapi nyatanya ketika ditanya tentang desain pembelajaran pun aku lupa-lupa inget hehe.
Sekarang saatnya kita mencari tau dulu apa itu desain pembelajaran:

No
Pengertian
Sumber
1
Desain pembelajaran adalah praktik penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik. Proses ini berisi penentuan status awal dari pemahaman peserta didik, perumusan tujuan pembelajaran, dan merancang "perlakuan" berbasis-media untuk membantu terjadinya transisi. Idealnya proses ini berdasar pada informasi dari teori belajar yang sudah teruji secara pedagogis dan dapat terjadi hanya pada siswa, dipandu oleh guru, atau dalam latar berbasis komunitas. Hasil dari pembelajaran ini dapat diamati secara langsung dan dapat diukur secara ilmiah atau benar-benar tersembunyi dan hanya berupa asumsi.
https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_pembelajaran
2
Desain pembelajaran adalah pengembangan pembelajaran secara sistematis untuk memaksimalkan keefektifan dan efisiensi pembelajaran. Kegiatan mendesain pembelajaran diawali dengan menganalisis kebutuhan peserta didik, menentukan tujuan pembelajaran, mengembangkan bahan dan aktivitas pembelajaran, yang di dalamnya mencakup penentuan sumber belajar, strategi pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, media pembelajaran dan penilaian (evaluasi) untuk mengukur tingkat keberhasilan pembelajaran. Hasil evaluasi tersebut digunakan sebagai acuan untuk mengetahui tingkat efektivitas, efisiensi dan produktivitas proses pembelajaran
http://staffnew.uny.ac.id/upload/132304795/penelitian/Desain+Pembelajaran-pekerti.pdf
3
Desain pembelajaran merupakan suatu sistem pembelajaran yang berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. “Instructional design
as a process it is the systematic development of instructional specifications using learning and instruction theory to ensure the quality of instruction
( Seels, B & Glasgow Z. 1990: 4 )”
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/195711211985031-TOTO_RUHIMAT/Desain_Pemb_Perumka.pdf
4
Desain pembelajaran dapat dimaknai dari berbagai sudut pandang, misalnya sebagai disiplin, sebagai ilmu, sebagai sistem, dan sebagai proses. Sebagai disiplin, desain pembelajaran membahas berbagai penelitian dan teori tentang strategi serta proses pengembangan pembelajaran dan pelaksanaannya. Sebagai ilmu, desain pembelajaran merupakan ilmu untuk menciptakan spesifikasi pengembangan, pelaksanaan, penilaian, serta pengelolaan situasi yang memberikan fasilitas pelayanan pembelajaran dalam skala makro dan mikro untuk berbagai mata pelajaran pada berbagai tingkatan kompleksitas. Sebagai sistem, desain pembelajaran merupakan pengembangan sistem pembelajaran dan sistem pelaksanaannya termasuk sarana serta prosedur untuk meningkatkan mutu belajar.
http://jozhmunthe.yolasite.com/resources/3.Konsep_Dasar_Desain_Pembelajaran-www.tkplb.org.pdf
@octyvz for Institut Ibu Profesional NHW#5


Lebih lengkapnya lagi silahkan akses sumber yang aku pake di tabel di atas.
Nah setelah tau apa itu desain pembelajaran, sekarang aku mau coba terapkan salah satu model desain pembelajaran berdasarkan tujuan dan ilmu kehidupan yang udah aku pilih.
Biar lebih gampang aku buat dalam bentuk word: NHW#5octy


Selesai~
HORE!


Di desain pembelajaran aku ada pernyataan harus nulis interpretasi mengenai ilmu agama dan ilmu parenting yang aku pelajari di dalam blog minimal satu bulan sekali.
Cihuy~
Ada alasan untuk semakin rajin menulis (semoga)

Dan ada niatan membuat blog baru juga katanya hahaha~
semoga yaaa πŸ’—




with love,



@octyvz






Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar