Kamis, 19 September 2019

Master Degree Now or Later?


Education is not the learning of facts, 
but the training of the mind to think.
---Albert Einstein




Mimih kuliah lagi?
Iya Alhamdulillah dengan izin Allah dan doa dari semuanya.

Gimana rasanya kuliah lagi?
Jetlag ngga?
Sejujurnya iya sedikit "jetlag" karena udah lama ga bersinggungan dengan dunia perkuliahan.
Kalo dipikir2, berarti sejak lulus S1 tahun 2012, ada jeda waktu hampir 7 tahun dong sampai akhirnya ambil master degree 😅
jadi memang butuh penyesuaian.


Saat dulu baru lulus kuliah di bulan September 2012,
satu bulan setelahnya aku pergi ke Kalimantan untuk bertugas.
Jadi memang ga sempet untuk langsung daftar magister.
Selain itu, memang ga kepikiran untuk langsung daftar magister.
Temen-temen satu angkatan juga cuma satu-dua aja yang langsung lanjut.
Kebanyakan kerja, atau nikah. 😁


Entah kenapa dulu aku ngerasa perlu "jeda".
Perlu merasakan kegiatan lain di luar kegiatan akademis, walaupun sebenernya selama berada di lingkup akademisi pun aku udah coba ini itu,
tapi aku perlu sesuatu yang baru.
Saat itu mikirnya sih gitu.
Makanya opsi lanjut kuliah ga terpikir sama sekali.


Keselang kerja, menikah, ngurus anak, lalu kemudian tujuh tahun berikutnya kok malah lanjut lagi?
Ga capek?
Sejujurnya aku malah capek kerja 😂
Manusia gitu ya,
saat capek kuliah pengen kerja, saat capek kerja pengen kuliah hehehe.
Selain itu, aku ngerasa emang perlu upgrade ilmu sih.
Kalo aku ga kuliah lagi, akan gini-gini aja.
Perlu upgrade ilmu biar lebih manfaat.
Jadi memang beberapa tahun ke belakang aku niat banget nyusun rencana biar bisa kuliah lagi.
MasyaAllah Tabarakallah akhirnya terkabul.


Kalo yang pernah baca cerita aku di postingan sebelumnya mungkin akan tau,
keinginan untuk lanjut kuliah pernah aku tulis di postingan: Embrace Change
lengkap pula doanya, lanjut kuliah dengan beasiswa 😂
MasyaAllah Tabarakallah Alhamdulillah bener-bener terwujud.
Terimakasih LPDP hehehe.
Perlu cerita ga nih perjuangan dapetin beasiswa LPDP cem apa? 🙈




Aku inget banget pas seleksi wawancara sama Kaprodi,
Beliau bilang mahasiswa pascasarjana itu biasanya random banget dari segi usia.
Campur, ga kaya pas S1 dulu yang rata-rata seumuran.
Nanti akan bertemu dengan yang lebih muda, sepantaran, atau bahkan lebih tua.
Kamu siap dan bisa bekerjasama dengan semuanya?
Tentu saja aku jawab siap dong ya.
Malah semangat aku ngebayanginnya.
Bisa menyerap ilmu dari yang lebih senior, dan saling sharing pengalaman dengan yang lebih muda.
Seru banget.
Eh ternyata pas masuk tidak begitu kisanak. 😂


Begitu perkuliahan mulai jalan, kenalan sama beberapa temen sekelas, dan juga melakukan pengamatan singkat,
aku mulai ngerasa,
eh bentar,
ini kok pada muda-muda banget yak?
S1 nya aja rata-rata angkatan 2015 sama 2016.
yang angkatan 2014 cuma satu-dua, setelah itu ada angkatan 2012 satu orang.
Aku mulai panik.
Ini gue yang paling tua di sini? 😂


Sebenernya ga terlalu masalah juga sih.
Age is only a number right?
#eeeaaaa
Cuma aku ngerasa ini aku telat banget ambil master degree atau emang anak-anak ini pada suka banget belajar atau gimana sih? hahaha.
Hampir setengah isi kelas itu adalah mahasiswa S1 yang belum pada wisuda 😆
Kok bisa?
Iya jadi di ITB itu ada program fasttrack.
Mirip sama program akselerasi kalo di Sekolah dulu deh.
Jadi si Mahasiswa Fasttrack ini udah mulai ngontrak mata kuliah Magister saat mereka masih semester 6 di masa perkuliahan Sarjana.
Aku aja pusing ngebayanginnya 😂
Tapi ya, mereka memang mahasiswa/i pilihan yang berbakat sih.
Cuma jadi ada pertanyaan besar gitu buat aku,
Mendingan ambil Master Degree nanti setelah mulai kerja, ketemu passion dan jelas mau kemana arah tujuan karir kita nantinya,
atau langsung sejak lulus Sarjana daftar Pascasarjana tanpa jeda?


Begitu aku keterima jadi mahasiswa Pascasarjana,
Mamah langsung bilang ke ade aku,
nyuruh dia lanjut kuliah lagi kaya aku.
(monmaap para adik yang suka terkena dampak kakaknya) 😂
Trus dijawab sama dia,
nanti deh mah, kalo mau lanjut S2 harus mikir dulu mau ambil jurusan/prodi apa,
biar sesuai aja sama kerjaan.
Gitu katanya kurang lebih.
Aku paham sih sama maksud dia.
Mindset kita berdua entah kenapa sama.
ketika memutuskan mau lanjut belajar di jenjang Pascasarjana sebaiknya memang memilih jurusan/prodi yang "kita banget"
yang nantinya akan menunjang mau jadi apa kita.
yang nantinya akan membantu kita untuk bisa lebih bermanfaat dan berkarya di bidang tersebut.
Gabisa "salah jurusan" kaya dulu pas S1 misalnya.
Semoga paham apa yang aku maksud, hehehe.


Tapi setelah aku merhatiin kisah beberapa temen, tokoh, atau orang hebat lainnya,
aku sadar mereka langsung melanjutkan kuliah nya bahkan sampai gelar doktoral tanpa jeda.
biasanya memang tidak keselang oleh kerja atau nikah dulu 🙈
Ga terlalu lama kok,
Rata-rata sekitar umur 27 tahun sudah selesai sampai menyandang gelar doktoral.
Hebat ya.
Atau mungkin ada yang kebetulan baca postingan aku sekarang yang punya kisah yang sama?


Aku paham gelar akademis itu bukan segala-galanya.
Masih sangat banyak orang sukses yang bahkan tanpa memiliki gelar apapun,
tidak semua orang mampu mengakses pendidikan tingkat tinggi,
bahwa belajar tidak hanya di bangku sekolah atau kuliah,
tapi boleh ngga untuk postingan kali ini,
kita anggap orang yang berhasil menuntaskan perjuangan belajar mereka hingga meraih gelar doktoral tanpa jeda adalah orang-orang yang luar biasa?
Kira-kira seperti apa ya motivasi dan alasan mereka ya?


Postingan kali ini kembali aku tulis dengan waktu singkat,
dan ketika istirahat nulis sambil buka-buka IG,
eh baca IGS salah satu temen SMA yang pas banget sama bahasan kali ini.

Hasan Bashri berkata,

"Mencari ilmu saat kecil laksana mengukir di atas batu. Mencari ilmu saat tua laksana mengukir di atas air"
Uyun al Akhbar, 2/123

Aku langsung ngerasa ah iya bener!
Bagaimanapun juga,
Potensi otak kita saat muda dan tua itu berbeda ya.
Jika memang kita mendapatkan rezeki dan kesempatan untuk melanjutkan kuliah di saat muda,
saat seluruh kemampuan tubuh, hati, otak, dan idealisme sedang optimal,
kenapa engga?
Kemudian aku jadi paham alasan yang dikemukakan salah satu temen fasttrack aku ketika ditanya kenapa kok mau ambil program fasttrack?
Dia cuma jawab,
"kenapa ya kak, mungkin cuma mau memanfaatkan potensi aja"
Gitu katanya :)
Kalo kamu?
Mending lanjut magister nanti?
atau sekarang setelah lulus sarjana?





with love,

@octyvz


in the middle of difficulty,
lies opportunity.
---Albert Einstein


Semangat kuliahnya mimih! 💪


Related Articles

3 komentar:

  1. Aaaaaaa mimih geningan kuliah lagiiiiii ... Semangat miiiiiih ...

    Btw suami aku mih tnpa jeda .. tp dijedain sama Allah hihihi ..

    Dia lulus s1 2010. Dapet beasiswa di th itu juga .. pelatihan 2011 .. brgkat aslinya 2012 eh krn sakit trus ketemu aku .. jd brgkat 2013. 2014 kelar s2 lgsg lanjut S3. Kejeda sama cari2 beasiswa dan PK wkwkwkwk
    2015 akhir brgkat S3.in sya allah lulus 2019.

    Tp kl aq tim lanjut master dg jeda sih ... Biar ga jumawa (ini buat aku ya. Bukan brrti yg lnjut s2 mpe s3 tnpa putus pd jumawa) ... Tp kdang yg bgini2 itu kl aku pribadi ngeliatnya lebih ke gimana hidup kearahnya. Lha aku S2 2012 tp trputus ... Btw aq lulus s1 2012 lhi hahaha.

    BalasHapus
  2. Uni sempet lanjut master degree setelah lulus s1 berarti? Waaaaa... Kecee.. kok aku juga jadi kepo kisah ketemuan uni dan suami yaa ������

    Jd dapet beasiswanya dari LPDP semua s2 Dan s3 nya?
    Uni angkatan 2008? Sama dong kitaaa hahaha

    BalasHapus
  3. keren mbak, aku juga pingin banget bisa lanjut kuliah lagi tapi yg bukan "salah jurusan" kayak S1, aku berasa salah jurusan hihi... tapi sudah terjeda menikah dan punya anak kwkwk baiklah menabung impian dulu. Semangat kuliahnya mbak :)

    BalasHapus