Minggu, 14 Mei 2017

Prioritas

prioritas

Halo Mei 💗

Sebenernya banyak draft-draft tulisan yang mau aku terbitin di bulan Mei..
tapi terbentur sama beberapa finalisasi kata #ceileh
biar nyaman dibaca nya aja gitu..
Postingan ini cuma mau curhat aja sih.. betapa ribet dan banyak banget hal-hal yang pengen aku pelajari dan lakukan.. tapi terbentur dengan satu kata: PRIORITAS



Biasanya tulisan aku cenderung narasi panjaaaaang.
Kali ini aku mau coba gaya baru ah,
pake poin-poin angka hahaha.
Here it goes...


1. Rohani

Aku lagi belajar bener-bener memperbaiki semuanya. Berkat beberapa kejadian dan masukan dari banyak orang aku alhamdulillah tersadar, amalan aku masih cetek banget.
Masih butuh banyak ilmu tentang Islam dan masih dalam proses memaksakan semua ibadah yang sebelumnya jarang aku lakukan agar rutin dilakukan. 
Ibadah yang sunnah lagi dalam proses dipaksakan meanwhile ibadah-ibadah yang wajib sedang aku benerin.. lagi proses nyari tau sendiri step-step yang benar nya itu seperti apa..

Awalnya aku memaksakan diri untuk membaca Al-Quran setiap hari minimal setengah juz.. Yah naik turun sih kalo mau jujur.. Beberapa hari berhasil, kemudian ga mencapai target, kemudian berhasil lagi, trus tiba-tiba ga semangat, duh parah deh gueh. Kemudian aku sadar Ibadah pertama yang akan dihisab adalah shalat. Aku kemudian nyari tau ilmu tentang shalat. Dari mulai tatacara wudhu yang diajarkan Rasulullah sampai ke bacaan-bacaan nya. Masih belajar.. Doakan yaa..

Oh iya, karena lagi tahap belajar ini, aku suka banget sama penjelasan dari Ustadz Khalid Basalamah.. beliau adalah ustadz fave aku sekarang.. beliau menjelaskan dengan tegas, masuk akal, dan yang paling penting sesuai Al-Qur'an dan Hadist. Kalo kemaren-kemaren aku sempet suka banget nontonin video Zakir Naik di youtube, sekarang ganti, aku suka nontonin majelis ilmu nya ustadz Khalid. hehehe.

Dr. Zakir Naik juga salah satu orang yang membuat aku tersadar, beliau hebat sungguh, bikin jiwa meleleh kalo kata aku.. Semoga beliau selalu diberikan kesehatan.. Aamiin.. dan Ustd Khalid lebih detail, lebih rinci.. Aku suka bahasan beliau tentang kisah-kisah sahabat nabi.. Coba deh buka youtube dan cari tentang ceramahnya ustd Khalid Basalamah.. Ada beberapa pihak yang memang "mencibir" ustd ini karena satu dan lain hal.. tapi sungguh worth to watch.. aku jamin.

Gitu deh, masalah rohani ini jadi salah satu hal prioritas aku saat ini.. prioritas untuk dipelajari dan dilakukan.. dan harus setiap hari setiap saat.. karena aku gatau kapan malaikat maut noel aku dan bilang:
"neng, tos waktosna uih ka Allah"



2. Keluarga
 
Family first right?
that's why i put this on my second priority

Ini PR aku gede banget di sini.. Banyak yang perlu dibenahi.
Tugas-tugas seorang istri, dan juga seorang ibu.
Jadi manager untuk semua urusan, koki di setiap harinya, manager keuangan dan pemasaran produk online nya suami jika diperlukan (walau kadang ga kekejar haha --- maaf pih), petugas kebersihan, suster dan dokter keluarga, ahli gizi, guru dan madrasah pertama juga buat anak. Roar!

Makanya kadang kalo suami sambil becanda bilang ke ayra:
"teteh mau kelinci? kita beli kelinci yuk, nanti pipih bikinin kandangnya.. kita pelihara yaaa"
Aku langsung keluar tanduknya 😂
Gila aja, ngurus satu suami sama satu anak aja aku udah keteteran, mau ditambah hewan peliharaan? Tidak terimakasih. HAHAHA.

Jangan sampe nanti si kelinci nya ga keurus trus jadi sorotan netizen #berasaayutingting hahaha #ehhmaapkeceplosan
Yah gitu deh, kalo kalian kepo dan mau nanya ke suami aku si octy udah jadi istri yang baik belum? Pasti jawaban nya BELUM. Karena yaa memang belum.. aku masih belajar memperbaiki semuanya hehehe. 

Masalah gaya parenting juga polemik banget bagi aku. Silahkan tanya ibu-ibu muda di luar sana deh.. Ahli ini bilang gini, ahli itu bilang gitu, kita coba tapi kok gabisa yaaaa.. lalu kemudian merasa jadi ibu yang gagal #eeeaaa lebay hehehe. Sesungguhnya yaa.. aku sekarang tergabung di dalam beberapa komunitas emak-emak.. Sering banget merasa tertolong karena aku dapet banyak ilmu baru, tapi pernah juga tertohok #tsaaaahhh karena aku gabisa melakukan apa yang mereka (read: para ibu-ibu luar biasa) lakukan dan terapkan. Semakin banyak yang aku liat dan memperhatikan kehidupan parenting orang lain, terkadang muncul perasaan "ga puas" sama keadaan sendiri. 

Padahal itu BIG NO loh.. Berbahaya untuk beberapa ibu yang "belum siap"
Mau bagaimanapun juga faktanya sekarang banyak mompetition di luar sana.. 
"kompetisi antar mama" merajalela efek dari mudahnya akses informasi di zaman modern inih.. Banyak juga sekarang support group yang membantu mengatasi itu semua.. Jadi yaaa bijak-bijaklah memilih dan memilah grup whatsapp atau telegram ya buibu hahaha. 
Ini tentang gaya parenting bisa jadi satu postingan panjang lagi nih kalo aku biarin curhatan aku terus mengalir. hehehe.

Intinya sih, banyak hal yang harus aku pelajari dan lakukan di ranah ini juga..
one of my priority too 💗

  


3. Kerjaan



Di bulan Maret dan April 2017 kemarin aku dan seluruh CPNS baru di lingkungan kantor diambil Sumpah Jabatan sebagai salah satu syarat jadi PNS. Kok dua kali prosesi sumpah jabatan nya?
Iya yang pertama kali di kantor oleh pak Kepala Pusat P4TK IPA
dan yang kedua di Jakarta, diambil sumpahnya langsung sama pak Dirjen GTK Kemdikbud.
Isi sumpahnya sama kok, diambil dari Pasal 26 UU No.8 tahun 1974
ini isi sumpahnya:



Demi Allah, saya bersumpah/berjanji:

Bahwa saya, untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil, akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah.

Bahwa saya, akan mentaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab.

Bahwa saya, akan senantiasa menjunjung tinggi kehormatan Negara, Pemerintah, dan Martabat Pegawai Negeri, serta akan senantiasa mengutamakan kepentingan Negara daripada kepentingan saya sendiri, seseorang atau golongan.

Bahwa saya, akan memegang rahasia sesuatu yang menurut sifatnya atau menurut perintah harus saya rahasiakan.

Bahwa saya, akan bekerja dengan jujur, tertib, cermat, dan bersemangat untuk kepentingan Negara.


Jleb banget kan yaa.. Saat pertama kali disumpah di kantor, aku udah bergetar banget.
Ngerasa ini tugas gede banget ya Allah.. Semoga selalu diberikan petunjuk agar selalu bisa menjadi Aparatur Sipil Negara yang baik.. 
dan ternyata sesuai dengan peraturan baru katanya yang mengambil sumpah itu harus langsung Kepala Direktorat Jenderal-nya langsung. Jadi aja diambil sumpah dua kali.

Nah saat pengambilan sumpah yang kedua, sebelum kata-kata isi sumpah yang aku share di atas terlebih dahulu rohaniawan islam mengajak kami semua para PNS yang beragama Islam untuk bersyahadat dan ada beberapa kalimat lain yang aku lupa.. intinya saat itu jauh lebih menggetarkan hati aku saking ngerasa beratnya ini amanah, and my tears fell back then!

Aku inget dulu pas awal-awal aku mau masuk kerja sebagai CPNS, mamah bilang gini ke aku:
"mbak, kalo udah jadi PNS jangan korupsi yaa"

mungkin beliau takut aja anak cewek satu-satunya ini terpeleset gitu.
saat itu aku cuma jawab:
"korupsi apa ai mamah? hahaha"
sepele banget aku jawabnya saat itu.. karena aku ngerasa korupsi apaaa lagi.. jauh lah tindakan korupsi mah~

Tapi sekarang aku lebih memaknai nasehat mamah yang sederhana itu dengan lebih baik. 
Ya Allah, semoga kami dijauhi dari tindakan-tindakan yang menyakiti dan mengkhianati amanah dari rakyat negeri ini. Aamiin. Bantu doa yaa agar kami tetap menjadi ASN yang berintegritas. 😎
Masalah kerjaan ini juga cukup pelik loh.. Banyak hal yang harus aku pelajari lagi di dunia kerja ini.. Tapi alhamdulillah punya lingkungan kerja yang baik. syukaaaaakk 💓

  
Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Allah menghukum kamu disebabkan (sumpahmu) yang disengaja (untuk bersumpah) oleh hatimu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun“. (Al-Baqarah: 225).
 
aku yang mana cobak? :p

 

4. Master degree

Jadi ceritanya aku lagi iseng googling tentang beasiswa, baca-baca ternyata ada salah satu beasiswa yang mensyaratkan maksimal jarak lulus bachelor degree adalah 6 tahun
aku lupa kata-kata persisnya seperti apa, tapi intinya gitu.
Kalo mau menerima beasiswa dari institusi itu maksimal jarak ketika kita lulus s1 adalah 6 tahun dengan tahun kita mau masuk s2.

Trus aku jadi ngitung-ngitung sendiri.. aku lulus 2012.. berarti maksimal 2018 aku udah ngambil s2 kalo mau dapet beasiswa dari situh. Ga semua persyaratan beasiswa ada syarat kaya gitu sih,
tapi setelah baca tentang hal itu aku jadi mikir aja,
Aku mau kapan yaa kuliah lagi?
belum kejawab tuh pertanyaan pertama, udah muncul pertanyaan tambahan:
Aku mau ngambil jurusan apa ya nanti s2 nya?
masih galau sama pertanyaan kedua, udah muncul lagi pertanyaan ketiga di otak:
Ai aku bisa lulus tes masuk s2 ga yah? Udah lama ga nyentuh ilmu biologi atau kependidikan, udah lama juga ga ngomong pake bahasa inggris, kemampuan bahasa inggris aku terjun bebas kayanya
TIDAAAAAAAKKKK

Jadilah ranah akademik ini jadi salah satu prioritas aku juga..
umur udah makin nambah nih, kalo bisa sih sebelum umur 30 aku udah kuliah s2 lagi..
pengennya sih gituuu~
Mau lanjut kuliah, apalagi master degree, butuh persiapan tentu saja kan..
Makanya sempet aku dengan sadar buka-buka file kuliah.. ceritanya baca-baca aja gitu sepintas HAHAHA.
Eh cerita tentang aku yang kangen ngajar lagi, kangen ketemu sama murid-murid, endebrew juga udah aku tulis di postingan berbeda.. soon yaa hehe.
Karena ngangenin banget jadi guru tuh 💗




5. Abroad
ini di flinder street station melbourne

Jadi dulu aku sempet berucap pada diri sendiri,
istilahnya sih selftalk lah yaa.. hehe.
Pengen banget bisa nginjek 5 pulau besar di Indonesia (Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua) dan lima benua di dunia (Asia, Australia, Amerika, Eropa, dan Afrika).
Udah sampe situ aja kok selftalk aku, ga sampe pengen mendaki lima gunung tertinggi dan lalu menyebrangi lima samudera dan menyelami lima lautan. hehehe.

Lima pulau besar di Indonesia udah ceklis 👌
Thanks to kantor yang udah ngasih tugas luar sehingga aku bisa jarambah ke lima pulau itu. ehehe.
Nah masih pe-er nih yang lima benua,
Asia sama Australia udah, feeling aku sih abis ini ke benua berawalan A lainnya.
Amerika semoga.. AAMIIN
Afrika juga gapapa~
Mesir 😍

Berhubung kecil kemungkinan kantor aku yang bakal ngirim aku tugas abroad (tahun-tahun ini),
makanya aku lagi giat-giatnya nyari cara biar bisa ke luar negeri gratis
catet gratis nya yaa~
HAHAHA.
Ya maksudnya kan bisa-bisa aja kalo aku ngebet banget pengen main ke Jepang misalnya, yaudah ambil cuti aja trus terbang ke Jepang (kalo ada dananya 😂) hehe.
Justru yang menantang adalah jalan-jalan abroad tapi haratis alias GRATIS.
Cihuy banget kan. Apalagi kalo bisa abroad sekeluarga gratis. NGAREP ABIES. 😂😂

Yah, ini mah kepengen pribadi aja sih,
aku lagi usaha biar bisa abroad gratis..
Caranya? Rahasia 😛
Doain yaaa hehehe.




6. Investasi

Eh tau ga nilai inflasi di Indonesia per April 2017 berapa? 4,17% loh.tren nya inflasi terus naik tiap tahun.. bisa cek sendiri di website Bank Indonesia

Makanya aku sama suami lagi lumayan sering ngomongin tentang investasi.
Penting soalnya. Apalagi setelah aku cek biaya masuk SD ke sekolah yang bagus.
Sakit kepala rasanya pas liat angka-angkanya. hahaha.

Ini realita sodara-sodara. #tsaaaaah
Investasi banyak jenisnya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing.
Kalo suami aku dia lebih suka di bisnis, passion dan keahlian dia emang disitu sih.
Aku juga suka, tapi dengan kondisi dan keadaan aku yang sekarang emang susah untuk fokus bisnis, pernah "tergoda" masuk ke salah satu MLM yang memasarkan produk kosmetik, ternyata ga kekejar. Aku menyerah. HAHAHA.

Makanya aku mau investasi aja,
suami yang nyari uang, aku yang menghabiskan dan mencari cara agar uang itu bisa berkembangbiak sendiri (read: investasi).
Nah awal-awal aku tertarik dengan Logam Mulia, paling gampang nih. Dan udah aku laksanakan.
Tapi ya, semakin aku mencari tau ilmu tentang investasi, aku makin ngerti bahwa iya bener emas memang salah satu cara investasi yang paling aman. Uang kita akan stabil disana.

Tapi kalo aku menginginkan uang aku berkembang biak sendiri (cara halal ya) dan hanya berharap dari emas itu big no sih sebenarnya.
Karena kalo berharap harga emas akan naik gila-gilaan itu dibutuhkan suatu kondisi ekstrim seperti krisis ekonomi 1998 lalu. Faktanya gitu.
Makanya aku sekarang mulai baca-baca lagi.

Dulu sebelum nikah aku pernah loh ikutan seminar tentang properti. Serius.
Awalnya sih seminar gratis, tapi yaa biasa lah.. kemudian "kalo mau ilmunya secara rinci harus ikut training lanjutan" which is not free
Saat itu aku ikutan? Tentu saja. haha. Aku bayar sekian sekian hanya untuk training 3 hari. Sempet praktek juga tentang ilmu properti. Tapi yaa akhirnya ga lanjut karena satu dan lain hal.

Aku juga pernah ikutan training tentang Pasar Saham. Seriuuuuussss.. Tanya adek aku aja kalo ga percaya, aku ikutan training itu berdua sama dia di jakarta.
Sama kaya training properti, awalnya training free, selanjutnya ada training tambahan dengan biaya sekian sekian.
Dan sama juga kaya training properti yang dulu.. aku juga udah tertarik banget mau ikutan training lanjutan seharga sekian sekian. Saat itu di rekening aku bakal sisa sedikit doang kalo aku beneran daftar. Tapi ada malaikat yang berbisik melalui si iqbal hahaha.
"yakin mbak? Pikir-pikir dulu ih"

Saat itu aku udah yakin banget karena janji si pemateri maniiiss banget hahaha.
Aku udah nyerahin kartu debit aku loh ke panitia,
tapi kemudian dibalikin lagi karena gabisa katanya,
kartu kredit aja ada?
Saat itu aku baru lulus kuliah dan blm punya kerjaan tetap. Mane ade kartu kredit 😂
Akhirnya gajadi melayang deh itu si uang.

Selidik punya selidik, cara yang diterangkan sama si pemateri itu adalah haram.
Aku ga bilang main saham yang haram ya,
duh aku lupa dia pake cara tertentu agar meminimalisir kerugian saat bermain saham deh.
Setelah aku googling ternyata secara syari itu gaboleh. haram.
Alhamdulillah~

Dan sekarang aku lagi mikir-mikir untuk ikutan Reksadana syariah. Masih baca-baca dan mikir-mikir mau beli reksadana nya di lembaga yang mana.
Selagi browsing-browsing tentang reksadana syariah,
aku juga jadi tertarik sama Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau dapat juga disebut Sukuk Negara. 
Kalo reksadana syariah aku udah fix mau ikutan beli, 
tapi kalo sukuk aku masih nyari ilmunya dulu.

Kalo kebetulan yang baca tulisan aku ahli keuangan dan baik hati mau bantu ngejelasin ke aku boleh banget loh.. hehehe.
Pede aja aku mah ada yang baca. Hahaha.
Aku tunggu 💗




7. Health and Beauty

Nah ini nih,
lagi happening banget jadi bahan obrolan di grup emak-emak. Hahaha.
Dari mulai tren perawatan wajah dan tubuh,
review makeup terbaru,
dan teman-teman nya 💅

Dasar cewek yaa, siapa sih yang ga pengen cantik terus.
ye ga ye ga?
Walau katanya air wudhu yang akan membuat wajah kita bercahaya,
tapi kan sunscreen yang ada spf nya juga penting,
day moisturizer, toner, serum, mask sheet, cleansing product, night cream,
dan sejenisnya deh. Hahahaha.

Dari mulai cara pake lipstick dengan teknik ombre,
sampe ke cara pake alis dan atau maskara.
Penting banget. Hahaha.
Duh aku gabisa makeup! Sama kok tenang aja.
Tapi kan perawatan sama makeup itu beda.

Aku mau ngutip salah satu pernyataan temen aku di grup ibu-ibu ya:

"Perawatan beda sama dandan (make up), kalo perawatan (skincare) ya merawat, cleansing, toning, nutrisi, protecting. Ga bikin muka berwarna warni, tapi bikin kulit lebih sehat"

"Kalo dandan (make up) lebih ke menonjolkan fitur muka kita. Gimana biar ga keliatan pucat, gimana biar flek hitam tertutupi, dll"

"Perawatan itu adalah salah satu bentuk syukur kita terhadap nikmat yg udah Allah kasih. Menjaga agar kulit kita sehat sesuai usia masing-masing"
----Ami, bunda Gamma (Learning Mama)

Kece kan? Hahaha.
Untuk aku yang kadang masih suka kalah sama ngantuk untuk menunaikan ritual double cleansing di malam hari kata-kata di atas seperti nampar gitu. 😅 
Apalagi kalo kita mau ngikutin ritual 10 steps korean skincare routine.
ampun dijeeeee 😂

Kalo masalah olahraga bagi aku ini masih PE-ER SUPER GEDE
masih males males gitu..
masih belum nemu olahraga yang pas aja sih.
Orang-orang di kantor ngajakin yoga,
aku mau sih ikutan tapi karena waktunya pas pulang kantor jadi sekip deh gabisa.
Pernah diajak fitnes sama suami,
aku udah semangat,
HAYUUUU
Eh pas dateng ke tempat fitnes aku langsung menciut gitu. GAMAU FITNES. hahaha

Zumba? Aerobik? Senam? Bulutangkis? Voli? Thai boxing?
Iya iya aku tau masih banyak jenis olahraga yang bisa aku lakuin. hehehe.
Doain aja aku bisa nemu satu jenis olahraga yang klik dan bisa rutin aku laksanain yaa..
kalo udah rutin nanti aku mau pamer eh cerita di sini 💗



8. Lain-lain 


dan akhirnya sampai pada poin terakhir sodara-sodaraaaa~
Masih banyak banget hal-hal yang tiba-tiba kepikiran dan pengen aku lakukan,
kaya tiba-tiba pengen belajar baking,
liat orang naik gunung pengen juga naik gunung,
liat sodara sukses bisnis pengen coba bisnis lagi,
liat temen jago nge-craft pengen coba nge-craft juga,
Ya Allah.. random banget otak aku yaa.. hahaha.

Satu yang jelas sih makin kesini makin banyak hal-hal yang perlu aku putuskan dengan baik.
Based on my priority tentu saja.
delapan poin prioritas yang aku ceritain di atas bisa aja berubah urutan nya sesuai situasi dan kondisi yang terjadi.
Asalnya aku mau cerita lagi tentang how to prioritize when everything is important ala aku.
Tapi berhubung curhatan ini udah cukup panjang,
jadi aku tunda untuk postingan berikutnya 💗

Semakin bertambahnya usia kita,
makin banyak hal-hal dan masalah yang perlu kita pecahkan.
Semakin majunya teknologi,
makin banyak juga hal-hal yang perlu kita pelajari,
Semakin berkembangnya manusia,
makin banyak juga problematika yang mengiringinya.
Semakin banyak anak semakin seru #ehh #sepertinyakode

Masalah yang aku hadapi sekarang udah ga se-sederhana dulu,
udah ga se-sederhana milih mau skip sarapan atau mandi
ketika bangun kesiangan dan udah telat mau ke kampus.
HAHAHA

Semoga kita makin bijak memilih dan memutuskan skala prioritas yaa 💗
Jangan sampai salah pilih, kemudian menyesal kemudian karena waktu udah gabisa kembali.






with love,

@octyvz




Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar