Kamis, 09 Februari 2017

Lesson Plan for Ayra


Pengen punya anak yang cerdas dan kreatif tentu harus diberikan stimulus yang baik sejak awal dong yah mommies.. Pengen menyiapkan kegiatan-kegiatan edukatif untuk anak tapi bingung mulainya dari mana? Pengennya selalu ada di rumah untuk memantau tumbuh kembang anak tapi kenyataannya harus menjalankan tugas negara, jadi dengan anak harus dititipkan ke pengasuh? terus nanti kalo pengasuhnya ngasih TVdoang ke anak kita biar anteng gimana doooooong.. *nangis di pojokan*


ih samaaaaa bangeeeeet masalahnya kaya akuuuu

terus gimana? jadi bikin lesson plan nya?





Jadi ceritanya udah lamaaaa banget follow dan baca-baca tentang hal ini sejak dulu Ayra masih usia bulanan.. pengen banget bisa bikin kegiatan-kegiatan edukatif buat Ayra.. udah baca-baca dan submit montessori, download ini-itu yang berhubungan tentang Lesson Plan, worksheet, dll.. Udah beli buku Rumah Main Anak dan sejenisnya.. Tapi kenyataannya belum dieksekusi.. Ada sih beberapa yang udah dilakukan bareng Ayra.. tapi baru sedikit dan belum ada lesson plan nya. hahaha.


Eh ayra itu anak aku yaa.. hehe. Saat tulisan ini dibuat dia sekarang udah 19 bulan.. satu tahun setengah.. kalo kepo tentang Ayra follow IG aja >> @octyvz (ada banyak foto Ayra dari bayi disana hehe)


Balik lagi ke Lesson Plan.. saking mudahnya informasi yang bisa kita dapatkan di dunia yang serba digital ini.. justru malah aku bingung harus mulai dari mana dan jatohnya ga melakukan apa-apa -_____-' setelah ngobrol tentang hal ini, ternyata harus diawali oleh tutup mata dari semua resources dan mulai mengobservasi perkembangan anak.. kemudian masalah baru datang.. harus observasi apa aja? aspek-aspek apa aja yang harus diobservasi? Masarm udah punya niat kuat buat bikin lesson plan gagal maning gara-gara bingung apa aja hal-hal yang harus diobservasi zzzzzzzz


Ini contoh Format Observasi Kemampuan Ayra yang udah aku buat.. siapa tau bermanfaat:



Sengaja dibuat kosong-kosong jadi siapa tau bisa diisi untuk observasi anak mommies masing-masing kan yaa..


Di tabel pertama yang kolom "kemampuan anak berdasarkan usia" itu bisa diisi dengan "standar capaian anak berdasarkan usia" jadi nanti kita bisa tau bahwa ada aspek-aspek yang memang harus dikejar.. kalo kasusnya Ayra, dia agak kurang di motorik halus nya, aspek bahasa, motorik kasar, sosial dan kognitifnya relatif bagus.. kok relatif? iya kan itu screening mimihnya secara singkat sebelum berniat membuat Lesson Plan dengan serius hahaha.


Tabel kedua tentang kesukaan anak bisa ditambahkan sendiri yaa.. Asalnya mau dikasih judul minat dan bakat.. Tapi kayanya terlalu berat yaa.. hehe. Ini sih lebih ke observasi hal-hal yang nantinya bisa dikombinasikan dengan target pencapaian kemampuan di lesson plan.. Misalnya Ayra.. dia suka sekali bernyanyi.. dasar anak cewe yaa.. nyanyi agu-lagu anak-anak dia hapal banget.. dan kadang suka request maunya nyanyi lagu apa.. Nah nanti di dalam kolom "contoh kegiatan"
 bisa dijabarkan.. Ayra suka bernyanyi saat sedang mandi, sebelum tidur dan setelah kenyang.. Nanti di catatn bisa dituliskan lagu apa saja yang disukai Ayra..


Ayra juga suka bercerita.. atau apa yaa.. mengobrol.. dia paling antusias kalo mimihnya udah bercerita tentang hewan-hewan atau bunga-bunga.. dibacakan cerita tentang hal-hal tersebut juga suka.. di bagian catatan juga bisa dituliskan hal-hal apa saja yang belum terlalu dikenalkan. Untuk kasus Ayra alat-alat transportasi masih belum banyak dibahas oleh mimihnya.. atau warna bunga-bunga juga masih sedikit yang dikenalkan..


Trus tau dari mana kalo perkembangan aspek-aspek tertentu anak kita "masih tertinggal" dari standar anak seusianya.. ada banyak sih sumber yang memberikan bayangan mengenai milestone anak dari usia 0-5 tahun.. mommies boleh googling sendiri.. referensi mimihnya Ayra adalah dari beberapa sumber berikut:
1. Buku Rumah Main Anak
2. website indonesia montessori
3. website pathway
4. basic knowledge 101

atau sumber-sumber lain yang jumlahnya banyaaaak banget.. yang penting semua niat, ide, dan bayangan-bayangan mau ini mau itu yang udah terngiang-ngiang sejak lama di dalam otak itu HARUS DILAKSANAKAN! Yes. Haruuuuuusss




Nah dari hasil observasi tersebut bisa dijadikan masukan untuk membuat lesson plan yang paling sesuai dan dibutuhkan oleh anak kita masing-masing.. Jika masih "tertinggal" di aspek bahasa bisa difokuskan mengenai perkembangan aspek tersebut di setiap lesson plan nya.. Bisa dikombinasikan dengan kesukaan anak.. Misalnya si anak suka menggambar maka ajak anak menggambar hal-hal yang mau kita kenalkan kosakatanya.. misalnya mengenai bumbu dapur.. dst.


Mimihnya Ayra udah jadi ya lesson plan nya?
Tentu saja belooooommm hahahaha
observasinya aja baru mau dimulai.. Ini ceritanya baru dapet ilmu dan sharing tentang lesson plan di grup.. Jadi aja memutuskan untuk take action dan memulai semuanya.. Doakan konsisten yaa..


Yuk ah,
terus belajar jadi orangtua yang lebih baik. :)






bandung, 9 Februari 2017
setelah materi kulwap tentang pendidikan Anak Usia Dini di grup Learning Mama
with love,


mimih ayra <3













Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar