Senin, 20 Februari 2017

i am a cool mom



Udah lama pengen ngebahas masalah ini..tapi masih ragu karena hal ini-itu.. kemaren baru banget baca artikel di mommies daily dan akhirnya yaudah deh fix.. kita tulis tentang "label" yang suka dipadankan dengan kata mom..

Full Time Mom, Working Mom, Stay at Home Mom, dll.
ah aku mah cool mom aja deh :))





Artikel di mommies daily yang bikin aku pengen nulis tentang hal ini bisa dibaca disini >> dibutuhkan para ibu muda untuk kembali bekerja


Pernah liat meme "kontroversial" tentang kenapa anak dititipkan padahal emas perhiasan disimpen baik2.. yg kaya gini nih memenya:





Seinget aku sih sejak keluarnya meme itu jd lebih "memanas" aja sih obrolan tentang WM (working mom) dan SAHM (stay at home mom).. sebelumnya memang udah banyak juga obrolan tentang hal ini, tapi aku secara pribadi lebih concern tentang hal ini setelah lihat meme ini. Meme lama sih memang.. kondisinya saat itu aku lagi hamil kalo ga salah.. pas liat meme itu jujur aku merasa setuju.. di dalam hati terbersit rasa "iya yaaaaahhh.. masa tega nitip-nitipin anak" dan berniat sekuat hati untuk menjaga anak aku sendiri sebisa mungkin.. ga terlalu banyak dititipin.. karena saat aku hamil masih ngajar-ngajar bimbel sama privat sih.. jadi ga working mom banget lah.. half time working mom deh.. ah suka-suka aku aja istilahnya :))


Tapi semua itu terjadi sebelum negara api menyerang.. beberapa bulan kemudian ternyata ada pengumuman kalo aku keterima jadi CPNS di salah satu instansi di bandung, sebut saja PPPPTK IPA Bandung hahaha. (bisa baca tentang kantor aku disini >>> p4tk ipa ). Ternyata aku harus jadi abdi negara, it means aku bakal jadi working mom.. fully working mom not a halftime working mom anymore.. maksudnya kan dulu pas ngajar palingan cuma dr jam 4 sore sampe jam 7 malem.. 3-4 jam aja sehari.. itu juga ngga setiap hari.. tapi setelah pengumuman itu berarti harus kerja kira-kira 10 jam perhari.. 5 hari seminggu! WOW


Dan per-baper-an dimulai.. awal-awal kerja aku sensitifnya luar biasa.. lebih sensitif daripada gadis muda yang lagi "dapet" hari pertama deh sungguh.. sensitif sama semua "sindiran" untuk para ibu pekerja.. kangen yang menjadi-jadi juga sama anak setiap hari.. yaa bayangin aja sih.. 5 bulan pertama 24/7 sama anak.. sekarang "hilang" sekitar 10-11 jam.. sedih iya.. khawatir iya.. ga enak juga sama MIL (mother in law) karena harus nitipin anak aku ke beliau.. campur aduk deh sungguh.. dan yang bikin parah adalah ternyata kantor aku itu tipe yang "rajin" banget ngirimin karyawan nya Dinas Luar ke berbagai daerah ke Indonesia.. huwaaaaaa.. kepisah 10-11 jam aja aku baper.. apalagi harus kepisah 3 hari, 5 hari, dan pernah aku 10 hari dapet tugas luar.. Eh pernah juga paling lama 14 hari pas lagi prajabatan! TOP!


Belum lagi drama per-pumping-an.. karena ayra tipe bayi yang gamau minum susu formula.. aku tipe Ibu perfeksionis yang cuma mau ngasih ASI? Sebenernya engga juga.. percayalah aku pernah "mencoba" ngasih susu formula ke ayra.. hasilnya? Ayra nolak.. dimuntahin.. gamau minum.. Jadi dia anak ASI full sampai 1 tahun.. Bersyukur sih ayra ga doyan sufor.. Jadi mimihnya "banting tulang" gimana caranya bisa terus supply ASI dengan sistem kejar tayang.. termasuk saat prajabatan.. selama 14 hari itu aku 4x kirim ASI beku dr depok ke bandung.. sungguh perjuangan :')
Jangan tanya tentang perasaan bersalah aku karena nitipin anak ke orangtua.. itu baper dan rasa bersalahnya juga to the moon and back deh sungguh.. Aku baca kok kajian, artikel, maupun segala macem berita tentang titip-menitip anak ini. Beneran dibaca semuanya.. feels better? nope. feels worse, worst.


Balik lagi ke topik, disini aku mau bilang kalo at least aku memahami dan merasakan sendiri pahit getir dan suka duka jadi stay at home mom dan working mom. Yah walaupun kalo ditotal, pengalaman jadi stay at home mom atau ibu rumah tangga yang full diem di rumah itu lebih sedikit jam terbangnya. Tapi tetep aja.. saya pernah ada di kondisi ibu-ibu sekalian.. ngasuh bayi sendirian.. tanpa ART.. makan palingan telor lagi telor lagi saking ga sempetnya masak.. pusing begadang.. bau pesing ga sempet mandi.. aaaaaahhh i feel you mom.. (emang semua Ibu Rumah Tangga kondisinya kaya gitu? BIG NO! Banyak kok newly mom yang kondisi nya jauh lebih baik dari aku dulu.. intinya sih aku cuma cerita aja kalo dulu aku juga sempet merasakan "nikmatnya" jadi Ibu baru)



Drama pengen resign juga pernah dialami kok, dengan berbagai kondisi.. Suami jg awalnya shock ditinggal-tinggal istrinya berhari-hari gitu.. nangis-nangis pengen resign juga pernah aku lakukan di depan suami.. tapi dengan berbagai pertimbangan yaaa gajadi resign.. Sekarang gimana? Setelah kurang lebih setahun-an kerja sih aku udah "pasrah".. aku, suami, anak-anak, keluarga besar juga udah bener-bener menerima status aku yang sekarang.. lebih legowo dan udah bisa nyari celah-celah agar semuanya bisa berjalan dengan lebih baik.. bersyukur aja sih dengan semua kondisi yang sekarang.. makanya kalo sekarang liat meme-meme "sensitif" kaya gitu aku lebih cool.. lebih asik dan tenang aja sih nanggepin nya.. ga se-emosional duluuuu.. dahulu kala saat awal-awal kerja..


Sekarang aku mau nulis agak blak-blakan yaa.. aku bakal nulis apa yang aku rasain dan aku pikirin.. mohon maaf kalo ada yang kurang setuju.. sekali lagi ini mah in my point of view loh yaa.. Pertama tentang meme ini, aku lihat meme ini di timeline salah satu sosmed. Dia sebelum menikah juga termasuk wanita yang super aktif, dan setelah menikah trus punya anak lebih dari satu, beliau mendedikasikan waktu seluruhnya untuk mendidik anak-anaknya di rumah..




Penyataan pertama: Anak-anak tak akan ingat apakah mama karyawan teladan atau sebesar apa gaji mama
Pernyataan kedua: Anak hanya akan ingat apakah mama selalu ada untuk mereka

Sorry to say, aku ngerasa meme ini akan digunakan atau di share oleh para ibu "yang sebenernya kangen kerja tapi ngga bisa dan masang gambar ini sebagai pembelaan mereka"

kenapa aku bisa bilang gitu?
karena meme ini "membandingkan" kondisi ibu bekerja dan ibu di rumah dengan ekstrim, pake bawa-bawa "karyawan teladan" dan bahkan "gaji" loh.. dan meme ini mengesankan bahwa ibu bekerja "tidak selalu ada" untuk anak-anaknya.. mereka sedang nostalgia dengan aktivitas sibuk mereka di luar rumah dulu, "gaji" yang mereka dapatkan dulu dan sekarang tidak, dan semua hal yang mereka rindukan dengan kondisi dahulu tapi sekarang udah berubah. Mereka menghibur diri mereka sendiri dengan mengingat-ingat hal tersebut, dengan menggunakan dua pernyataan tadi. Sekian. Analisa sotoy? Emang. Kan aku udah bilang semua ini in my point of view loh yaa.. ga setuju? yaa tidak apa-apa. hehe. kalian luarbiasaaaa (gaya ariel LOL)

Sakit jenderal kalo aku baca pernyataan yang kedua, karena aku sekarang kondisi nya gitu.. tapi tenang aku tetep cool.. para WM mau menyangkal pernyataan kedua? Silahkan sangkal dengan statement dan argumen masing-masing.. tapi kalo mau jujur.. kalo mau jujuuuuuurrr loh yaaa.. pernyataan kedua itu bener banget.. SELALU ada untuk mereka loh. SELALU. Ini ngomongin masalah kuantitas kalo menurut aku.. Saat makan siang dan anak kita mengalami kesulitan untuk memilih duri di dalam ikan nya kita bisa bantu nggak mom? Saat anak kita mimpi buruk pas bobo siang dan bangun nangis, kita bisa langsung gendong dan menenangkan si anak? Saat anak udah wangi selesai mandi sore trus pengen jalan-jalan di taman kita bisa nemenin? Engga kan yaaaa.. *senyum getir sedih*


Tapi ya balik lagi ke "meme pembelaan" yang tadi.. menurut aku banyak banget meme-meme yang "menyerang" ibu bekerja *nangis di pojokan*
tenang aja aku masih stay cool..

meme yang satu ini juga menohok sampe ke jantung:




Kalo meme di atas ada "pertarungan" sih.. menurut aku, si tokoh "dia" itu seharusnya adalah seorang gadis, atau wanita yang sudah menikah tapi belum dikaruniai anak (soalnya belum ngerasain punya anak), atau yah karena di akhir pernyataan ada kata-kata "anak lo", berarti si "dia" adalah seorang ibu yang nyinyir dan jail aja mulutnya (wew) atau bahkan bisa jadi si "dia" ini karakter yang ga pernah ada.. maksudnya dialog ini tidak terjadi dan terucap di dunia nyata.. "hanya" karangan si pembuat meme aja.. menurut aku loh yaaaaaaaa..


kenapa aku bisa bilang gitu? karena seorang ibu bekerja yang normal ga akan mungkin bilang kaya gitu.. GA AKAN MUNGKIN.. aku nulisnya CAPSLOCK dan bold loh.. ga akan mungkin bilang pernyataan "Nah! exactly my point. Sayang aja lulusan UI akhirnya cuma ngurus anak"
Helloooooo.. ngurus anak itu bukan CUMA yaa.. Seorang Ibu yang nggak nyinyir ga akan mungkin sanggup ngeluarin pernyataan kaya gitu.. karena mereka tau perjuangan mendidik anak.. seriusan deh.. coba ada ngga yang bilang ngurus anak itu cuma? ngurus anak itu gampang? Ga akan ada everibadeeeehhh.. ga akan ada #tsaaah


Meme ini "menyerang" para ibu pekerja juga ngga? Tentu saja.. liat aja pernyataan terakhirnya yang setajam silet.. Justru hebat dong anak gue diasuh sama sarjana lulusan UI. Dibanding anak lo yang diasuh sama pembantu lulusan SD. Makjleb ga sih.. Ini sih semacam tindakan pembelaan diri juga.. tapi lebih ke arah "mempertahankan diri dari serangan lawan" aduh ngerti kan ya? hehe. 


Meme itu bikin baper ngga? oh tentu sajaaaaaa~ tapi tetep cool.. kaya yang di atas udah aku bilang.. sekarang aku berusaha mencari "celah" dari setiap kondisi yang relatif tidak menguntungkan.. karena itulah aku sekarang berusaha buat men-desain kegiatan-kegiatan ayra agar lebih "mendidik" di setiap hari nya.. membuat lesson plan untuk ayra di setiap minggunya.. Kenapa per minggu bukan per hari? Duh harus dijawab ya? hehe.


Para Ibu bekerja sering berkilah yang penting quality time.. eh tapi kalo kita punya quality time yang ber-quantity juga jauh lebih baik kan ya? #eeeaaaaaa
Soalnya aku suka iri aja gitu kalo liat para Ibu-ibu keren yang full mendedikasikan waktunya untuk mendidik anak-anaknya.. dengan kegiatan-kegiatan keren banget.. saluuuuttt.. pengeeeen huhuhu.
Tapi jangan baper.. harus tetep stay cool.. jadikan mereka motivasi aja.. berusaha sekuat tenaga membuat aktivitas mendidik seperti para suhu homeschooling walaupun banyak kekurangan.. semangaaaattt (nyemangatin diri sendiri)


Kok banyak yang "menyerang" ibu pekerja ya? sebenernya bukan menyerang yaa.. pikiran cool aku yang sekarang sih merasa bahwa meme-meme tersebut adalah "reminder" buat para working mom..


Karena waktu kita terbatas berada di samping anak-anak untuk mendampingi tumbuh kembang mereka, tidak bisa SELALU ada untuk mereka karena tubuh, pikiran, dan jiwa kita juga harus ada di tempat kerja masing-masing, carilah cara agar waktu yang sedikit itu dapat lebih bermakna untuk mereka.. untuk anak-anak yang sudah relatif besar, gadget helps a lot kan yaa.. Untuk anak-anak yang masih toddler atau bahkan bayi.. yuk berikan yang terbaik untuk mereka.. menyediakan makanan dan minuman terbaik (ASI dan MPASI homemade lebih baik).. rancang kegiatan terbaik.. pengasuh dan lingkungan terpercaya.. aku percaya sih, semua Ibu ingin yang terbaik untuk anaknya kan yaa.. Saat bersama mereka juga usahakan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.. Ibu-ibu sudah lebih paham lah seperti apa quality time yang baik bersama kesayangan masing-masing..


Jadi sekarang aku liat meme-meme sensitif itu tidak sebagai "serangan" lagi, tapi sebagai "reminder" aja.. bisa mencari celah solusi dari "sindiran" meme.. #ceileh
Loh terus artikel yang di share di awal artikel ini untuk apa?


Jadi gini, selama ini aku seringnya baca dan lihat meme-meme "reminder" gitu.. Kadang kalo nemu meme baru suka aku forward ke temen senasib di kantor.. haha. Dan kadang kita merasa kalo sebenarnya para working mom juga "perlu pembelaan". Sampai akhirnya aku nemu artikel itu.. yang belum baca artikelnya bisa baca dulu deh yaa.. coba mampir kesini >> dibutuhkan para ibu muda untuk kembali bekerja


Awalnya aku ngerasa "hangat" saat membaca artikel ini.. ngerasa wah ada pembelaan.. artikel yang bikin aku semangat kerja dan ga ngerasa bersalah lagi.. tapi kemudian memang ada sedikit hmmm apa yaa.. ganjelan sedikit kali yaa.. highlight di artikel tersebut adalah posisi manajemen yang dipegang oleh perempuan semakin sedikit.. entah banyak yang resign setelah punya anak atau memang bekerja tapi "tidak mengejar posisi puncak". Terus gimana? Aku kerja.. apakah mengincar posisi puncak? Yes and No sih sebenarnya..


Terus apa dong ganjelannya? Karena aku merasa memang fitrahnya Ibu itu ada di rumah.. sungguh.. aku dulu sempet bercita-cita jadi kaya mamah.. setiap pulang sekolah selalu ada mamah di rumah.. at least sampe aku lulus SD deh.. kehadiran Ibu secara fisik itu penting kalo menurut aku.. Jadi yaa kalo kalian para gadis yang belum menikah dan masih mikir-mikir nanti setelah menikah dan punya anak mau bekerja atau engga, saran aku sih mendingan kerja dari rumah.. kerja ga harus di kantor terpisah belasan jam sama anak kan? Kok kerja dari rumah? Kalo Ibu Rumah Tangga aja? Saran aku sih cari kesibukan.. even itu jualan online.. reseller produk-produk orang.. atau apapun passion kalian.. harus ada wadah untuk "mengaktualisasikan diri" pokonyaaah.. agar ada "kegiatan" lain yang bisa bikin kita bahagia selain melihat senyuman anak.. Bisa mengembangkan diri juga.. Atau menulis? Siapa tau makin lama tulisan kita makin bagus dan bisa membuat sebuah karya tulis yang bisa dibaca banyak orang.. keren kan? keren doooong (btw ini dulu cita-cita aku banget.. jadi penulis dan bukunya dipasang di rak bagian "BEST SELLER" di toko buku bahahaha) 


Di artikel itu juga bercerita tentang jika pemegang puncak jabatan adalah seorang perempuan, maka akan lebih memerhatikan dan care tentang kebutuhan perempuan-perempuan lainnya.. tentang cuti bersalin, ruangan untuk memerah ASI, dan kebijakan-kebijakan pro wanita lainnya. Jadi inget, dulu sempet baca gosip kalo bakal ada kebijakan untuk para PNS perempuan yang masih punya anak usia sekolah agar dipotong jam kerja per hari nya.. jadi bisa pulang lebih awal.. yippie banget gosip ini.. sayangnya baru gosip.. hahaha. ehh jadi kepikiran.. ngincer jabatan menteri aja gitu yaa.. biar bisa mewujudkan gosip itu jadi kenyataan! huehehehe XD



Wah panjang yaa baru sadar.. Apapun pilihannya, working mom, stay at home mom, atau cool mom ada di tangan ibu-ibu kece sekalian.. yuk saling support dan menghargai pilihan setiap ibu.. karena setiap ibu adalah full time mom.. ga mungkin ada yang half time.. gimana caranya coba.. hehehe.
Salam untuk keluarga tercinta yaa <3




with love,
@octyvz


Related Articles

3 komentar:

  1. I'm married to a (hard) working mom... and she's doing great both being an employee and a mother...

    BalasHapus
  2. Wih.

    Mimiiihhhh
    Nulis.segitu panjangnyaa dan isinya kerennn,,sukaaa ih..

    Aku pernah jd wm jg pas ryu 2bulan,,smpe ryu 5bln

    Anak aku titip mamamer sm gantian.ngasuh sm.abahnya
    Daaann....itu ga enak.banget... mndingan mnt tlong org lain yg jagain..drpda mamer...
    Kagok
    Ga enakan

    Smpe byk.keluh kesahnya deh

    Alhamdulillah,,hikmah psikotestku ga lulus,,akhirnya.brnti kerja...
    Dan.jd.FM smpe sekarang..rasanyaaaa seneng bgt

    Yaa walo kbtuhan rmh tgg mah smuanya ga akan ada puasnya yaa
    Dijalani aja sambil.jualan ol
    Bermodalkan HAPE

    Makasih sharingnya mih..
    Seksess trs yaa...
    Jgn bosen.bikin lagii byk.ceritaaa

    BalasHapus